March 30, 2024

Evolusi Teks Suci: MengExplore Proses Kodifikasi Al-Quran dan Sains FILOLOGI

  1. Inventarisasi naskah: Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan mengumpulkan naskah-naskah yang akan dibahas.
  2. Deskripsi naskah: Proses ini dilakukan untuk mengetahui kondisi fisik dan kondisi teknis dari naskah.
  3. Klasifikasi naskah: Proses ini dilakukan untuk mengelompokkan naskah berdasarkan kriteria tertentu.
  4. Komparasi naskah: Proses ini dilakukan untuk mengumpulkan informasi dari naskah-naskah yang sama atau berhubungan.
  5. Silsilah naskah atau stema: Proses ini dilakukan untuk mengidentifikasi hubungan antara naskah-naskah.
  6. Penentuan naskah dasar: Proses ini dilakukan untuk menentukan naskah yang akan digunakan sebagai dasar penelitian.

Metode Kritik Teks:

  1. Coder unicus: Metode ini menggunakan kode yang unik untuk mengidentifikasi kata-kata yang berbeda.
  2. Coder multus: Metode ini menggunakan kode yang lebih banyak untuk mengidentifikasi kata-kata yang berbeda.

Metode Pendekatan:

  1. Pendekatan makro: Metode ini menggunakan pendekatan yang lebih meluas untuk membahas naskah.
  2. Pendekatan mikro: Metode ini menggunakan pendekatan yang lebih detail untuk membahas naskah.
  3. Pendekatan wacana linguistik: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada wacana dalam naskah.
  4. Pendekatan kritik sejarah: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada sejarah dalam naskah.

Metode Pemeliharaan:

  1. Metode tadarruj: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada pemeliharaan naskah.
  2. Metode Pengumpulan Data:
  3. Observasi partisipatif: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada pengumpulan data secara langsung.
  4. Metode deskriptif analisis: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada pengolahan data secara deskriptif.

Metode Pengujian:

  1. Metode intuitif: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada pengujian secara intuitif.
  2. Metode obyektif: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada pengujian secara objektif.
  3. Metode gabungan: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada pengujian dengan kombinasi dari metode intuitif dan obyektif.
  4. Metode landasan: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada pengujian dengan kriteria yang ditetapkan.
  5. Metode Pembuatan:
  6. Metode subjektif: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada pembuatan dengan menggunakan ketertarikan dan ketakwaan.
  7. Metode obyektif: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada pembuatan dengan menggunakan logika dan data.

Metode Perbandingan:

  1. Metode perbandingan: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada perbandingan antara naskah atau data.
  2. Metode Pemodelan: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada pemodelan data atau naskah.
  3. Metode Pengujian: Metode ini menggunakan pendekatan yang fokus pada pengujian data atau naskah.

19 Comments

  • Assalamu’alaikum wr.wb. Izin bertanya, pak mamdukh. Saya Nur Manisa (F2A022051), menurut artikel diatas yang saya baca, itu berarti Al – Qur’an yang saat ini dibaca oleh semua umat muslim itu merupakan kodifikasi yang telah dilakukan oleh Khalifah Utsman bin Affan, ya pak? dan Apakah kodifikasi tersebut tidak menghilangkan makna serta ajaran yang terdapat didalamnya? Terima kasih banyak, pak🙏🏻

  • permisi pak saya jesicha dwi amareta dari S1 Sastra Inggris hendak bertany keterkaitan proses kodifikasi Al-Qur’an dan Sains Filologi. diatas disebutkan bahwa ada beberapa metode yang berarti dalam proses ini mungkin tidak hanya dilakukan oleh satu orang. jika memang tidak dilakukan oleh satu orang maka dari itu pasti banyaknya perbedaan hasil tafsiran antar lainnya. nah untuk menentukan hasil akhir yang sesuai pada saat itu biasanya menganut apa pak? apakah diteliti lagi satu persatu tafsiran atau bagaimana?

  • Assalamualaikum, perkenalkan saya Arinta dewi (F2A022041) dari s1 sastra inggris. Terimakasih bapak atas materi yang sangat luar biasa, setelah saya membaca sekilas mengenai materi tentang kodifikasi dan filologi Al-Quran saya cukup tertarik mengenai sejauh mana kita mampu mengandalkan metode filologi ini didalam memahami dan menafsirkan teks Al-Quran yang notabene dianggap suci dan ilahi? Bagaimana kita mempertimbangkan aspek keilahian dalam analisis filologis tersebut?
    Terimakasih, wassalamualaikum wr. wb

  • Saya fathimah bariyatul azizah F2A022007, berterima kasih atas materi yang luar biasa ini. Kemdian saya ingin bertanya sekiranya apa metode yang dipakai abu bakar dalam mengumpulkan alquran dalam proses pembukuanya, terima kasih

  • Nama : Neila Distya Geaisyah
    F2A022042, Terima kasih pak Mamdukh atas materi nya yang sangat luar biasa bermanfaat.

  • assalamualaikum pak saya Berliana F2A022029, terimakasih atas materinya pak, sangat bermanfaat dan menambah wawasan 🙏

  • assalamualaikum pak, alhamdulillah saya sudah membaca artikel yang bapak tulis, sangat bermanfaat sir, terimakasih 🙏

    Nama : Tegu Firmansyah
    NIM : F2A022031

  • Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh pak mamdukh, saya riski silfanah NIM F2A022034. Saya sudah membaca artikel bapak dan alhamdulillah dari artikel ini banyak sekali wawasan baru yang saya dapat. Terima kasih pak ☺️🙏

  • Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, perkenalkan saya Lisa Hasti Palupi (F2A022003) dari prodi sastra Inggris, terimakasih atas materi yang telah bapak sampaikan.

  • Asalamualaikum pak mamdukh saya Nurmala majid (F2A0220225) sebelumnya terimakasih karena artikel ini sangat luar biasa dan tentunya sangat bermanfaat juga dan memberikan pemahaman kepada kami semua🙏🙏

  • Assalamu’alaikum pak mamdukh, saya faradiba krisna putri (F2A022035)
    Alhamdulillah di pertemuan ke-3 ini membahas mengenai Evolusi Teks Suci: MengExplore Proses Kodifikasi Al-Quran dan Sains FILOLOGI. Banyak sekali informasi yang baru saya ketahui setelah membaca artikel ini.
    شُكْرًاكَثِيْرًا
    Pak mamdukh atas penjelasannya 🙏🏻 sehat selalu bapak

  • assalamualaikum wr wb pak, saya shofroul lailiyah ingin bertanya apa peran ilmu filologi dalam menafsirkan variasi tekstual Alquran dan memahami bahasa arab klasik dalam konteks religius? terimakasih wassalamu’alaikum wr.wb

  • Assalamualaikum wr.wb
    Saya Dina Sulistia F2A022015, izin bertanya Pak, Bagaimana Khalifah Utsman bin Affan menyusun dan menstandarkan Al-Qur’an, kemudian bagaimana proses kodifikasi Al-Qur’an memastikan tidak ada perubahan atau penyelewengan teks di dalamnya? Terima kasih🙏

  • Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh pak, saya Nadya Adwiaksari NIM F2A022037. Saya sudah membaca artikelnya dan alhamdulillah dari artikel ini banyak sekali wawasan baru yang didapat. Semoga bermanfaat bagi kita semua ☺️🙏

  • Assalamualaikum pak Mamdukh, saya Dhefiandrea Diva Brilliant Nizza (F2A022033) izin bertanya dari materi di atas saya temui bahwa Mengungkap Kedalaman Makna dan Konsistensi Al-Quran dianggap tidak hanya sebagai petunjuk spiritual tetapi juga sebagai sumber hukum dan pedoman bagi umat Muslim. Nah, bagaimana jika hukum apa yang terjadi di dunia nyata tidak sesuai dengan hukum yang diajarkan dalam Islam. Contohnya saja dalam hal pembagian warisan, banyak sekali konsep dan tata cara berbeda dengan al-Quran tetapi sesuai dg hukum negara. apakah jika melakukannya akan dianggap sebagai dosa?

  • Assalamualaikum pak mamdukh, Saya Aisyah Nurliana Mashuri (F2A022001) izin berkomentar serta mengucapkan Terima Kasih buat pak mamdukh karna mnurut saya, artikel yang bapak share sangatsangat membantu saya sbagai mahasiswa bapak dan menambah wawasan saya untuk lebih mengetahui seperti apa dan bagaimana Kodifikasi dan Filologi Al-Quran.
    Terimakasih pak mamdukh🙏

  • Assalamu’alaikum pak Mamdukh, saya Salsabiila Luthfiyah F2A022012 ingin berterima kasih atas ilmu yang luar biasa keren dan sangat menarik utk dipelajari.

  • Assalamualaikum wr.wb nama saya belinda selfy adistia wintoro F2A022036 S1 Sastra Inggris terimakasih pa sangat sangat memotivasi sekali materinya sangat sangat mudah di pahami

  • Assalamualaikum pak saya Dwi Nila F2A022032, terimakasih atas materinya pak, sangat bermanfaat dan menambah wawasan 🙏

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *